Resep Nasi Uduk Ayam Kalasan Enak Mudah

Bahan Bumbu Resep Masakan Nasi Uduk Ayam Kalasan Sederhana yang Enak Lezat dan mudah membuatnya dengan bumbu masakan yang pas.
Waktu masak: 90 menit
Porsi (orang) 4
Asal masakan Indonesia
Jenis Hidangan

Makanan Utama
Ikutan kreasi nasi tradisional, karena dirumah memang paling doyan
masakan indonesia. Ga ada bosen bosennya karena kaya bumbu dan rempah
selalu bikin napsu makan nambah hehehe makanya selalu gagal diet.
Kebetulan aku dan suami doyan banget makan ayam kalasan duh ga cukup 1
potong / orang. Ya uda sekarang coba bikin dan ternyata ludesss

Resep Nasi Uduk Ayam Kalasan Enak Mudah

Bahan Bahan dan Bumbu Resep Cara Membuat

1. Ayam Kalasan :
2. 1 ekor ayam kampung potong 6
3. 8 siung bawang putih
4. 1 sdt ketumbar
5. 4 siung bawang merah
6. 1 biji gula merah (pake yang bulat kecil)
7. 2 lembar daun salam
8. 1 batang serai keprek
9. 2 cm lengkuas keprek
10. 2 sdm kecap manis
11. 1 liter air kelapa tua
12. 1 sdm garam
13. Nasi Uduk:
14. 3 cup beras
15. 1 kotak segitiga santan kara 65ml
16. 1/2 sdt garam
17. 3 lembar daun salam
18. 1 batang serai keprek
19. secukupnya air

Resep Nasi Uduk Ayam Kalasan Enak Mudah

Cara Memasak Mudah dan Cepat

Cuci bersih ayam, kemudian tiriskan. Haluskan bawang putih, bawang merah,
ketumbar hingga benar2 halus. Aku pakai blender biar cepet
Panaskan panci, masukan air kelapa tunggu sampai agak mendidih. Sementara
itu keprek serai, lengkuas, dan cincang kasar gula merah supaya mudah
larut.
Setelah mulai mendidih masukan ayam semua bumbu halus, bumbu keprek, daun
salam, gula merah dan lainnya. Aduk sebentar lalu ungkep kurang lebih 45
menit dengan api kecil atau sampai air menyusut
Ini air yang sudah menyusut, daging ayam sudah lunak. Pelan pelan aduknya
karena daging mudah lepas. Matikan api, tiriskan ayam lalu goreng di
minyak panas dengan api kecil karena ayam kalasan agak manis dan
mengandung gula jadi cepat gosong
Untuk nasi uduk:
Aku bikin yang praktis pakai magic com. Cuci bersih beras, masukan beras,
air secukupnya seperti takaran mau masak nasi biasa, santan, garam. Aduk
sampai santa dan air bercampur rata. Lalu masukan daun salam dan serai.
Masak di magic com seperti biasa tunggu sampai matang
Setelah semua siap. Cetak sajikan nasi uduk dengan taburan bawang merah
goreng, ayam kalasan dan pelengkapnya sambel terasi. Kebetulan masih ada
sayur asem lauk kemarin jadi aku panasin lagi dimaem bareng ini. Wuih
maknyuss pollll. Suami begitu pulang kerja gak pake babibu cusss ke meja
makan bolak balik nambah hehe lupa lalapannya difoto. Oh iya karena sudah
direbus cukup lama daging ayam nya ini jadi empuk jadi ngga perlu di
presto lagi

source:cookpad.com

Resep Nasi Uduk Ayam Kalasan Enak Mudah


Resep Nasi Uduk Ayam Kalasan Enak Mudah | admin | 4.5