Resep Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Enak Mudah

Bahan Bumbu Resep Masakan Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Sederhana yang Enak Lezat dan mudah membuatnya dengan bumbu masakan yang pas.
Waktu masak: 90 menit
Porsi (orang) 5
Asal masakan indonesia
Jenis Hidangan

lauk pauk
Jam 5 pagi udah eksekusi. Semua bahan udah aku siapin dari awal bulan.
Lah suamiku udah nodong minta dimasakin ayam bakar madu pas weekend.
Resep ini adalah resep yang aku buat sendiri dan jadi resep andalan aku.
Selama ini, orang2 yang sudah cicipin selalu bilang maknyus bangeet. Bau
amis ayamnya hilang blasss, ayamnya empuk, bumbunya meresap, aroma
jeruknya nendang, manis madunya terasa. Kata mamaku juara deh ini super
juara. Setiap makan ayam bakar madu di tempat lain, komen mamaku dan
suamiku itu sama "enakan ayam bakar madu buatan kamu jauh" lalu hati
terbang gak pulang2 ????. Ayam ini dominan banget bau
jeruknya ya karena aku pakai jeruk limau, daun jeruk, sama madurasa yang
rasa jeruk nipis dan semua itu dalam jumlah yg banyak. Jd wah ciamik deh.
Mertuaku ampe pernah nelpon pagi2 cuma buat minta masakin karena rasanya
ngangenin ?. Sayang banget kalo gak dicoba. Siapa tau cocok di lidah
sahabat cookpad. Ini dia resepnya, selamat mencoba dan semoga bahagia
juga puas dengan rasanya ????.

Resep Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Enak Mudah

Bahan Bahan dan Bumbu Resep Cara Membuat

1. 1 kg ayam
2. 16 siung bawang merah
3. 9 siung bawang putih
4. 9 butir kemiri
5. 2 batang serai besar (memarkan)
6. 9 lembar daun jeruk (sobek2)
7. 10 cm laos (memarkan)
8. 10 cm jahe (memarkan)
9. 3 sdm kecap manis
10. 1 sdt ketumbar bubuk
11. 1 sdt lada bubuk
12. 100 gram gula merah
13. 50 ml air asam jawa kental
14. 4 saset madurasa rasa jeruk nipis
15. 1 saset santan kara kemasan segitiga
16. 4 buah jeruk limau besar
17. 500 ml air
18. secukupnya garam, kaldu bubuk, minyak untuk menumis, dan margarin
untuk olesan

Resep Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Enak Mudah

Cara Memasak Mudah dan Cepat

Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan serai, daun jeruk, laos,
jahe, lada, dan ketumbar bubuk. Tumis hingga bumbu matang dan tidak
berbau langu.
Masukkan air, ayam, gula merah, air asam jawa, garam, kaldu bubuk, dan
kecap manis. Masukkan saja ayamnya langsung tidak perlu menunggu air
mendidih dulu, tenang dijamin gak amis karena jumlah rempah2 penghilang
amis (jahe, jeruk limau, daun jeruk, bahkan madu aroma jeruk nipis) yang
digunakan banyak. Aduk rata.
Setelah air mendidih dan gula merah larut, masukkan santan dan aduk rata.
Masak hingga air berkurang jauh dan ayam lembut.
Kalau air sudah mengental dan berkurang banyak, masukkan madurasa dan
perasan air jeruk limau kemudian tes rasa. Masak sebentar sampai madu
menyatu dengan bumbu lalu matikan api. Mengaduknya hati2 ya karena ayam
sudah empuk khawatir dagingnya lepas2.
Ini boleh bakar di bara api, kalau males boleh bakar di oven. Aku pake
oven ya. Oleskan margarin pada wadah supaya gak lengket dan nambah gurih
ayam. Lalu taro ayamnya. Panaskan oven 12 menit dengan suhu 230 dercel.
Gak perlu dioles lagi ya karena bumbu sudah meresap ke dalam ayam lagi
pula ini kan manis, kalau dioles dan bakarnya pakai oven nanti banyak
gosongannya di atas permukaan loyang. Kecuali bagi yang dibakar di atas
bara api, silakan dioles kalau mau.
Singkirkan rempah2 dari sisa bumbu.
Bakar ayam dengan suhu 230 dercel selama 15 menit atau sesuka selera ya
lamanya. Ada yang suka agak angus ada yang suka gak terlalu angus yang
penting bolak balik dicek ya. Menurut aku sih enak yg agak angus2 dikit
cuma skrg karena sedang hamidun jadi aku gak bakar angus2 amat takut
kurang sehat.
Celupkan kembali ayam pada sisa bumbu.
Sajikan bersama sambal terasi kesukaan anda.
Madu mengkilap rata di ayam hufffh mantab.
Sedaaaap.

source:cookpad.com

Resep Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Enak Mudah

bolu bakar sederhana, Resep bakwan jamur net, suki bakar
Resep Ayam Bakar Madurasa Super Juara (sangat direkomendasikan) Enak Mudah | admin | 4.5